Rabu, 04 Februari 2015

Pengenalan Holding Dalam Penerbangan

Apa Itu Holding?

Di dunia penerbangan, holding (terbang di hold) adalah manuver yang ditujukan untuk memberikan separasi antara pesawat yang berada pada specified airspace.

Bagaimana cara penggunaannya?

Holding pattern until Instrument Flight Rules (IFR) biasannya mengunakan jalur yang dipatok pada holding fix. holding fix ini bisa berbentuk radio pemancar separate non-directional beacon (NDB) atau VHF omnidirectional range (VOR). pada keadaan standard holding pattern menggunakan belokan ke kanan dan dalam 1 pattern menghabiskan waktu kurang lebih 4 menit, yang mencangkup, 1 menit terbang belok 180 derajat (dua kali) dan 1 menit terbang lurus (dua kali/outbound dan inbound). lihat gambar lebih detail. 

Deviasi untuk pattern ini bisa terjadi bila terjadi delay, panjang jalur mungkin diperpanjang (2 atau 3 menit) atau pesawat menggunakan distance measuring equitment (DME) dengan ini jalur didapatkan dalam nautical miles bukan dengan menit. holding juga memiliki pattern ke kiri untuk keadaan yang tidak standar.

Pada abad ini holding fix sudah bisa digabungkan antara VOR dan DME, dan GPSwaypoints. Tetapi untuk GPS itu tergantung dari perlengkapan ground aids (indonesia masih belum direkomendasikan). 

Untuk pesawat kecil yang masih bisa terbang secara visual, biasanya holding di ganting dengan membuat putaran 360 derajat.

Cara Holding

Standard 

----to be continued----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar